Beranda | Artikel
Membaca Surah Al-Isra Sebelum Tidur
Rabu, 9 Maret 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Membaca Surah Al-Isra’ Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 4 Sya’ban 1443 H / 7 Maret 2022 M.

Kajian Tentang Membaca Surah Al-Isra’ Sebelum Tidur

Dzikir dan doa sebelum tidur itu banyak sebagaimana yang pernah kita sampaikan. Kali ini kita akan memasuki bagian yang ketiga, yaitu membaca surah Al-Isra’.

Surah Al-Isra’ disunnahkan untuk dibaca sebelum tidur malam hari sebanyak satu kali. Ini adalah surah ke-17 dan jumlah ayatnya ada 111 ayat.

Ketika kita membaca ayat-ayat ini, maka dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala akan membantu kita untuk lebih tenang. Sehingga insyaAllah tidur kita akan lebih pulas dan akan bangun dalam keadaan lebih fresh.

Dalilnya adalah sebuah hadits yang disampaikan oleh Ummul Mukminin ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, kata beliau:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ بَنِي إِسْرَائِيلَ وَالزُّمَرَ

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak akan tidur (di malam hari) kecuali setelah membaca ‘Bani Israil’ (Surah Al-Isra’) dan surah az-Zumar”. (HR. Tirmidzi dan nyatakan sahih oleh Ibn Khuzaimah serta al-Albani)

Hadits ini menunjukkan disunnahkannya membaca surah Al-Isra’ sebelum tidur. Dan membacanya akan lebih maksimal lagi manfaat yang kita petik apabila sambil merenungi kandungan yang ada di dalam surah mulia ini. Sehingga bukan hanya kita mendapatkan pahala dari setiap huruf yang kita baca, namun juga kita bisa mendapatkan pahala dari memahami kandungannya. Syukur-syukur nanti kita juga akan mendapatkan pahala mengamalkan isi dari surah yang mulia ini.

Para ulama kita menjelaskan bahwa secara global surah mulia ini terbagi menjadi tiga poin pembahasan.

1. Pendahuluan (Ayat 1-8)

Menit ke-14:49 Surah ini diawali dengan penjelasan mengenai salah satu keutamaan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Di mana beliau mengalami kejadian perjalanan Isra’ dari Masjidil Haram di Mekah menuju ke Masjidil Aqsha di Palestina hanya dalam semalam.

Di mukadimah ini juga dijelaskan tentang perilaku Bani Israil yang membuat kerusakan sebanyak dua kali di bumi yang mereka tinggali, yaitu di Baitul Maqdis dan sekitarnya. Mereka akan berkuasa dengan penuh kezaliman dan penindasan. Di masa lalu mereka membunuh para Nabi, kemudian berlanjut setelah diutusnya Nabi terakhir yang membawa agama Islam.

2. Penjelasan mengenai sikap kaum musyrikin Mekah terhadap diutusnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan al-Qur’an (Ayat 9-98)

Menit ke-21:28 Poin kedua ini diawali dengan penjelasan bahwa Al-Qur’an itu jika diikuti akan mengantarkan kepada jalan yang lurus. Juga memberikan kabar gembira berupa pahala yang besar untuk kaum mukminin yang gemar beramal salih.

Allah juga menjelaskan jalan kejayaan, siapapun menitinya maka ia akan memperoleh kemenangan atas musuh-musuh mereka. Yaitu: tauhid, alias memurnikan ibadah hanya untuk Allah saja. Lalu berbakti kepada orang tua, berbuat baik kepada kerabat, anak yatim dan musafir.

Lalu Allah menerangkan sikap kaum musyrikin Mekah terhadap al-Qur’an dan prinsip keimanan terhadap akhirat. Sikap mereka adalah menolak untuk mengimani al-Qur’an, serta selalu berupaya menebarkan keraguan tentang adanya hari kebangkitan.

3. Penutup (ayat 99-111)

Menit ke-33:20 Di penghujung surah mulia ini ditegaskan kembali tentang prinsip akidah tauhid. Siapapun yang berpegang teguh dengannya niscaya akan dikaruniai kejayaan dan kemenangan atas para musuh. Lalu disampaikan motivasi untuk senantiasa menegakkan shalat.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian Membaca Surah Al-Isra’ Sebelum Tidur


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51501-membaca-surah-al-isra-sebelum-tidur/